Gallery

Saturday, October 10, 2009

bukak lomolitos

hye..
ini saya dpat dr blog pelomo indonesia :D

credit to
blog 'les portraits de ma vie by Niariniyuniarti

HOW TO OPEN A LOMOLITOS ~

Akhirnya Lomolitos gue berhasil di-reload pada 12 July lalu. Sebenarnya cara reload Lomolitos cukup mudah karena sudah banyak panduannya di Internet. Tapi cara bukanya itu lho, gue sempet parno takut kalo ada bagian yang patah. Secara gue suka ga bisa ngira2 kalo pake tenaga. Untunglah sabtu minggu lalu gue bisa ketemu My BB. Pas makan siang, gue sodorin deh Lomolitos gue ke dia. Ga tau gimana caranya, pokoknya kudu bisa kebuka dan ga patah! –> seenaknya gitu yah gue :P

.

Untunglah bukan gue yang buka! My BB berhasil ngebuka Lomolitos tanpa ada kerusakan. Coba kalo gue yang buka, pasti udah patah tuh.. Soalnya gue punya persepsi yang salah tentang cara ngebukanya. Thanks GOD!

.

Tapi ternyata……pada 12 July 2009.. Gue kembali mengalami kesulitan pas mau ngisi film. Hari itu gue udah on the way to Kota Wisata dan gue baru ingat gue lupa ngebaca cara reload Lomolitos. Sesampai di Kota Wisata, gue coba reload tapi tetap gagal. Mas Arief my-brother-in-law juga udah nyobain dan tetep ga bisa. Akhirnya gue lanjutin lagi usaha reload setelah pulang ke rumah malamnya. Nah, di sini nih…gue berhadapan lagi dengan Lomolitos yang tertutup rapat. HAHAHAHA…mau ga mau..gue harus ngebuka sendiri. Syukurlah, bisa.. CIhuy! ^o^

.

Buat yang belum ngeh cara buka Lomolitos, nih gue kasih petunjuknya. Semoga bisa membantu :)

1.) Pastikan film Lomolitos sudah habis terpakai. Tidak usah menggulung balik film-nya karena khusus Lomolitos, film yang terpakai akan tergulung otomatis ke arah canisternya.

2.) Robek dan kelupas sticker cover yang berada di samping sisi Flash. Lo akan melihat “klep” bagian dalam Lomolitos.

how to open Lomolitos

3.) Untuk membukanya, pegang Lomolitos dengan posisi vertikal. Bagi yang right-handed, lebih enak kalau bagian depan Lomolitos menghadap ke tangan kiri. Perhatikan dua gambar di bawah.how to open Lomolitos

DON’T:

  • Jangan memegang Lomolitos dengan posisi horisontal, menurut gue lebih susah ngebukanya.
  • Jangan menarik “klep”! Apalagi lebih dari 10 derajat ke arah luar. Bisa patah.

how to open Lomolitos

DO:

  • Pertama, seperti yang sudah gue sebutkan di atas, pegang Lomolitos dengan posisi vertikal. Bagi yang right-handed, lebih enak kalau bagian depan Lomolitos (no. 1) menghadap ke tangan kiri. Dan, bagian belakang (no. 2) menghadap ke tangan kanan.
  • Kedua, letakkan jempol (ibu jari) kanan di atas “klep”.
  • Ketiga, pelan2 angkat sedikit saja “klep” bagian kanan (no. 3), perkirakan dengan benar celah yang lo buat cukup untuk meloloskan bagian “klep” sebelah kiri.
  • Keempat, tarik kedua sisi Lomolitos (no. 1 & no. 2) ke arah luar. Lakukan gerakan ini dengan tetap mengangkat “klep” bagian kanan (no.3)

.

Yup, begitulah cara gue membuka Lomolitos. Oiya, jangan terburu2 sewaktu membuka Lomolitos yah! GOOD LUCK! ^-^


INI PLAK VIDEO KAT YOUTUBE~

3 comments:

Omar Axel said...

ug gue boleh nanya ga?guekan punya lomolitos nah gue mau ngereload tp dr kemarin gue masih bingung beli film nya apa?dan berapa harga nya??
tolong di bales ya urgent bgt ni!!!

ahleng ariKen said...

kalo mau reload film,bisa guna film apa aja..film yang biasa juga bisa...
fuji superia,kodak..etc...apa-apa aja film yang format 35mm bisa :D

fransiska indah said...

mau beli lomolitos dmna ya?

makasii :D